Terjemahkan

Sabtu, 22 September 2012

TUTORIAL INSTALL UBUNTU 12.04..!!

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk meng-install OS Ubuntu pada komputer/laptop kita. Berikut saya paparkan langkah-langkah untuk meng-install Ubuntu pada komputer/laptop kita. Semoga membantu. =)



Untuk meng-install Ubuntu ini bisa menggunakan CD/DVD atau menggunakan USB Stick.

Pertama, yang perlu dipersiapkan adalah :
 Selanjutnya, setelah hal-hal di atas telah siap, langkah-langkah selanjutnya adalaha sebagai berikut :
  • Selanjutnya akan muncul jendela "Preparing to install Ubuntu". Pada jendela ini terdapat opsi "Download updates while installing" dan opsi "Install third-party software". Jika komputer/laptop sedang tidak terkoneksi internet, abaikan kedua opsi ini. Tapi saya sarankan untuk tidak memilih kedua opsi tersebut karena akan membuat proses instalasi menjadi lebih lama. Kemudian klik "Continue".
  • Selanjutnya,  pada jendela "Installation type" pilih opsi "Something else". Ini dilakukan agar bisa memilih partisi mana yang akan di-install Ubuntu nantinya. kemudian klik "Continue".

  • Selanjutnya akan ditampilkan daftar partisi hard disk yang ada pada komputer/laptop kita. Pilih partisi kosong yang telah dipersiapkan sebelumnya, kemudian klik "Add".
  • Akan muncul jendela "Edit partition". Pertama kita buat Swap Area terlebih dahulu, sesuaikan besar ruang swap area dengan besar RAM pada komputer/laptop kita [Penjelasan tentang Swap Area]. Pastikan besar partisi kosong yang tersisa setelah dikurangi besar swap area ini lebih dari 4,4GB. Pada opsi "Use as" pilih "swap area" kemudian klik "OK".
  • Kemudian buat partisi lagi (partisi Root) dari partisi kosong yang masih tersisa setelah dikurangi swap area tadi. Pilih partisi kosong yang telah dipersiapkan sebelumnya, kemudian klik "Add". Atur besar partisi lebih dari 4,4GB. Pada opsi "Use as" pilih "Ext4 journaling system". Pilih opsi "Format partition". Pada opsi "Mount point" pilih "/" kemudian klik "OK".
  •  Pilih partisi Root yang telah dibuat tadi kemudian klik "Install now"
  • Pada jendela "Who are you?" tentukan zona waktu yang dipilih. Kemudian klik "Continue".

  • Pada jendela "Keyboard layout" atur keyboard layout yang didinginkan. Biasanya secara default sudah sesuai. Kemudian klik "Continue".

  • Pada jendela "Who are you?" isikan informasi/data mengenai anda seperti nama, password, dan sebagainya. Kemudian klik "Continue".
  •  Pada jendela "Choose a picture" anda bisa memilih gambar yang telah tersedia. Gambar ini nantinya bisa dirubah setelah proses instalasi telah selesai. Kemudian klik "Continue".
  •  Kemudian akan muncul jendela yang menginstruksikan untuk mengimpor user pada OS lain ke OS Ubuntu. Sebaiknya tidak memilih satu pun untuk diimpor. Kemudian klik "Continue".
  •  Selanjutnya proses instalasi akan dimulai. proses instalasi ini kurang lebih memrlukan waktu 10-15 menit.
  •  Setelah instalasi selesai akan muncul jendela pop-up "Installation Complete" kemudian pilih "Restart Now".

Sekian TUTORIAL INSTALL UBUNTU 12.04....
SEMOGA BERMANFAAT..!!
TERIMA KASIH..!!
^-^v

Referensi :
>> Arie Setiawan - Tutorial Menginstall Ubuntu 12.04 (Precise Pangolin)
>> MusaAmin.Web.ID - Install Ubuntu 12.04 Bagian 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar